Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Bab 4 ( Teknologi )
Posted by: Unknown Posted date: Desember 01, 2018 / comment : 0
BAB IV : TEKNOLOGI
A. Memahami Cerita Anak.
Pada awal pelajaran ini, kamu akan mendengarkan cerita anak. Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang dibacakan. Kamu juga diharapkan dapat mengidentifikasi latar cerita yang dibacakan.
Karya sastra apapun baik cerita, puisi, maupun drama terdapat dua unsur, yaitu unsur dalam (intrinsik) dan unsur luar (ekstrinsik). Unsur yang penting adalah unsur dari dalam. Unsur dari dalam dibedakan menjadi dua macam, yaitu berupa bentuk dan isi. Unsur bentuk meliputi: alur, perwatakan, setting, dan sudut padang atau titik kisah. Unsur isi terdiri atas rasa, tema, dan amanat. Pada pelajaran ini kamu akan diperdengarkan cerita anak. Kamu diharapkan dapat memahami isi cerita tersebut dan belajar mengidentifikasi latar cerita yang dibacakan.
1. Tutuplah bukumu, dengarkan cerita anak yang dibacakan temanmu berikut.
Persahabatan Tiga Peri Pelangi
(Oleh Rae Sita Patappa)
Negeri peri yang cerah di suatu pagi. Mya keluar keluar dari rumah mungilnya dengan sayap baru warna pelangi. Sayap itu baru saja diberikan Bunda Peri saat Mya dan kedua temannya, Kya dan Gya, lulus ujian menjadi peri cilik. Mereka memilih sayap warna pelangi.
Sambil berlari-lari kecil, Mya berangkat ke rumah Gya dan Kya. Sebetulnya dengan terbang perjalanannya akan lebih cepat. Tapi, ia ingin memakai sayap itu nanti saat terbang pertama kali bersama kedua temannya. Saat melewati jalan setapak berkerikil, Mya tersandung. Sebuah ranting pohon menusuk sayapnya. Tapi Mya segera berdiri kembali dan meneruskan perjalanannya dengan riang.
Mya bertemu kedua temannya di rumah Kya. Kya terlihat sangat manis dengan rambutnya yang diberi pita merah. Sementara rambut Gya diberi bando kain yang berwarna-warni. Rambut Mya sendiri juga dihiasi jepit yang beraneka warna. Kostum mereka sangat kompak dengan warna-warni pelangi.
Halaman istana sudah dipenuhi oleh peri-peri undangan dari pelosok negeri. Semua ingin menyaksikan kehebatan para peri baru. Mereka sangat mengagumi kostum serta sayap pelangi Mya, Gya, dan Kya. Para peri cilik baru, mulai menampilkan keahlian terbang di angkasa. Ada peri yang terbang sangat cepat hingga terlihat seperti menghilang. Ada juga peri yang menciptakan hujan bintang di halaman istana.
Tiba giliran Mya, Gya, dan Kya. Gya terbang sambil mengeluarkan pasir putih dalam jumlah yang sangat banyak. Halaman istana peri seolah dipayungi pasir putih. Kya membentuk sebuah mangkuk raksasa dari air. Sementara itu Gya menjatuhkan semua pasir putihnya ke dalam mangkuk air ciptaan Kya. Semua penonton bersorak kagum saat perlahan pasir putih itu berubah menjadi istana mini.
. . . .
2. Menentukan latar cerita
Latar atau setting adalah tempat atau suasana kejadian dalam cerita. Dengarkan baik-baik cuplikan cerita yang dibacakan temanmu berikut ini.
Negeri peri yang cerah disuatu pagi, Mya keluar dari rumah mungilnya dengan sayap baru warna pelangi. Sayap itu baru saja diberikan Bunda Peri saat Mya dan kedua temannya, Kya dan Gya lulus ujian menjadi peri cilik.
Dari cerita di atas kamu dapat menentukan latar sebagai berikut.
a. Kapan peristiwa itu terjadi? Pada pagi hari (latar waktu)
b. Di mana kejadian itu?
Di negeri peri(latar tempat)
c. Bagaimana suasananya?
Mya keluar rumah munglnya dengan sayap baru warna pelangi. jadi suasannya menyenangkan.
B. Memberikan Tanggapan Secara Lisan
Pada bagian ini, kamu akan belajar memberi tanggapan terhadap karya seni. Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat mengritik/memuji sesuatu sesuatu karya seni disertai alasan yang logis. Tentu saja dengan bahasa yang runtut dan santun. Kamu juga diharapkan dapat membuat kalimat pertanyaan untuk menanggapi.
1. Mengritik/memuji suatu karya seni
Kritik berarti kecaman atau tanggapan. Mengritik berarti mengemukakan kritik atau mengecam. Bagaimana cara mengritik? Apabila kamu ingin menyampaikan kritik perhatikan hal-hal berikut.
a. Sampaikanlah dengan bahasa yang tidak menyakitkan bagi orang yang dikritik.
b. Sampaikan dengan disertai alasan yang logis.
Memuji karya seni berarti menyampaikan pujian atau sanjungan, yaitu dengan mengatakan hal-hal yang baik dari suatu karya seni. Sampaikan pujian dengan bahasa yang wajar dan tunjukkan alasan yang logis mengapa kamu memuji suatu karya seni tersebut.
Contoh:
- Lukisan ini sangat mirip dengan foto aslinya, tetapi sayang tidak diberi bingkai yang bagus.
- Lukisan ini sebatulnya lebih menarik jika warnanya tidak terlalu mencolok.
Sebagai latihan kerjakan kegiatan berikut ini.
a. Bentuklah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang.
b. Amatilah gambar karya seni berupa lukisan atau gambar pahlawan yang ada di kelasmu. Pilihlah 1 gambar.
c. Berilah tanggapan terhadap karya seni lukisan tersebut dengan memberi kritikan atau pujian dengan bahasa yang santun.
d. Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
2. Menggunakan kalimat permintaan
Apa yang dimaksud dengan kalimat permintaan? Adakah persamaan kalimat permintaan dengan kalimat perintah? Untuk menjawab pertanyaan itu, kerjakan soal berikut ini bersama dengan temanmu satu bangku.
a. Berilah tanda (() pada kalimat permintaan dan (X) jika bukan kalimat permintaan.
1) Mengapa kamu datang terlambat? ()
2) Sebaiknya kamu tidak terlambat. ()
3) Saya ingin menjadi dokter gigi. ()
4) Siapa nama menteri luar negeri Indonesia. ()
5) Saya harap kamu tidak menggangguku. ()
6) Kamu harus jujur, jangan bohong. ()
b. Mengubah kalimat pernyataan menjadi kalimat permintaan
Setelah kamu mengerjakan soal tersebut, kamu dapat mengetahui bahwa kalimat permintaan adalah semacam kalimat perintah yang halus.
Perhatikan contoh mengubah kalimat menjadi kalimat permintaan berikut. Kamu meminta temanmu agar tidak cengeng.
Kalimat permintaan: Sebaiknya kamu tidak cengeng.
C. Membaca Intensif Laporan
Ada beberapa jenis laporan, antara lain laopran pengamatan/penelitian, laporan pandangan mata, laporan perjalanan, laporan penyelidikan, dan laporan hasil survei.
Pada pembelajaran ini, kamu diharapkan dapat memahami isi laporan pengamatan dengan membaca intensif. Diharapkan kamu dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang ada dan dapat menjelaskan kembali secara lisan isi laporan kepada teman.
1. Membaca intensif laporan pengamatan
Bacalah laporan pengamatan berikut ini
Tempat Wisata Religius ala Jawa-Islam-Roma
Diprakarsai Gubernur Jateng H. Mardiyanto, pembangunan Masjid Agung JAwa Tengah (MAJT) awalnya berasal dari kumpulan tanah wakaf bandha Masjid Agung Kauman Semarang yang sempat hilang dan akhirnya melalui proses yang rumit dapat kembali, pada September 2000 silam.
Peletakan batu pertama MAJT di atas tanah seluas 10 hektare di Desa Sambirejo, Jalan Gajah Raya, Semarang Timur dilakukan pada hari Jumat, 6 Oktober 2002 oleh Menteri Agama (ketika itu) Prof. Dr. KH. Said Agil Almunawar, Ketua Umum MUI Pusat KH. MA. Sahal Mafud, dan Gubernur Mardiyanto. Setelah lima tahun masa pembangunan, MAJT diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yodhoyono pada Selasa, 14 November 2006.
Bangunan masjid megah dengan arsitektur paduan Jawa-Islam-Roma yang terdiri dari bangunan utama, menara, wisma penginapan, perpustakaan, plaza, convention hall, areal pertokoan, dan beberapa bangunan pendukung lain ini dirancang oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT Atelier Enam, Bandung. Dia adalah pemenang sayembara desain MAJT yang digelar pada 2001.
Kepala Tata Usaha MAJT Fatquri Buseri S.Ag. menjelaskan, tujuan awal pembangunan masjid yang akhir-akhir ini dimasukkan sebagai bagian objek wisata Kota Semarang ini adalah sebagai tempat peribadatan berdasarkan pembangunan nilai estetika sebagai pedoman pembangunan. Dengan biaya sebesar Rp 200 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng. Maka masjid ini menjadi sangat indah dan nilai positifnya adalah dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama
Sumber: MOP. 29 Januari 2007
Jawablah dengan kalimat yang singkat dan tepat.
a. Siapakah pemrakarsa pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)?
b.Kapan MAJT dibangun dan siapa saja yang melakukan peletakan batu
pertama?
c. Pembangunan MAJT berlangsung selama kurang lebih berapa tahun.
d. Kapan MAJT diresmikan? diresmikan oleh siapa?
e. Sebutkan bagian-bagian MAJT?
f. Siapa yang merancang desain MAJT?
g. Apa manfaat dibangunnya MAJT dengan desain dan teknologi yang menarik itu?
h. Bagaimana pendapatmu dengan adanya tempat wisata religius tersebut? Berilah alasan secukupnya
2. Menjelaskan kembali isi laporan yang dibaca
Bagaimana ya, cara menjelaskan isi laporan secara lisan? Mudah jika kamu sudah dapat menjawab pertanyaandi atas, maka kamu cukup merangkai jawaban tersebut menjadi kalimat yang runtut.
Cara menjelaskan isi laporan kepada teman, misalnya sebagai berikut.
Teman-temansayapernah membaca laporan yang dimuat di majalah MOP No. 293 yang terbit pada bulan januari 2007 sebagai berikut.
Di Semarang, Jawa Tengah telah dibangun Masjid Agung yang dibangun ala Jawa-Islam dan Roma. MAsjid Agung Jawa Tengah (MAJT) tersebut dibangun diatas tanah seluas 10 hektare di Desa Sambirejo, Jalan Gajah Raya, Semarang Timur.
Masjid tersebut terdiri dari bangunan utama, menara, wisma penginapan, perpustakaan, plasa, convention hall, areal pertokoan, dan beberapa bangunan pendukung lainnya.
Masjid tersebut dibangun dengan dana sebesar Rp 200 miliar. Masjid ini disamping tempat ibadah juga menjadi tempat wisata yang menarik.
Mudah, bukan? Nah sampaikan isi laporan tersebut di depan kelas.
- Berbicaralah dengan pandangan mata mengarah kepada pendengar.
- Berbicaralah dengan suara dan lafal yang jelas.
- Berbicaralah dengan gaya yang menarik.
D. Menulis Ringkasan Teks
Pada pertemuan ini, kamu akan belajar membuat ringkasan teks.
Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat memahami teks dengan membaca intensif. Kamu juga diharapkan dapat menemukan ide pokok tiap paragraf. Selanjutnya, kamu menyusun ringkasan dari teks yang kamu baca.
Bagaimana cara membuat ringkasan? Ringkasan memiliki makna pemandangan secara ringkas (yang penting-penting saja). Jika kamu membuat ringkasan sebuah teks atau wacana, berarti kamu membuat suatu karangan yang panjang menjadi singkat. Sebelum membuat ringkasan, kamu harus membaca dahulu wacana yang akan kamu ringkas.
Agar kamu terampil menyusun ringkasan, ikuti kegiatan berikut ini.
1. Membaca cerita
Bacalah teks berikut ini.
Piramida dibuat dari zaman Mesir Kuno, yaitu tahun 2700 sampai 2200 sebelum masehi. Pada zaman itu belum ada truk atau mesin crane pengangkut benda berat. Tapi ajaibnya batu seberat @ 2,2 ton dan sebanyak 2,6 juta batu dapat diangkut dijadikan piramida. Ups, rupanya orang Mesir kuno membuat sungai kecil untuk mengangkut dengan perahu. Bukit dan lereng pasir dibuat untuk mendorong batu. Ya, pasir melicinkan batu sehingga kerja mendorong menjadi ringan. Tumpukan batu ini lalu ditimbuni pasir untuk menaruh batu berikutnya. Wow hebat, ya
Piramida dibuat untuk menunjukkan kehebatan Dewa Matahari. Karena itu, dinding luar piramida dilapisi batu pualam. Saat tertimpa sinar matahari, piramida pun berkilauan. Sayangnya, dinding-dinding pualam ini banyak yang dicuri.
Selama mendaki tangga piramida ke langit, roh Firaun perlu bekal. Makanan, minuman, peralatan, dan perhiasan. Semakin kaya sang Firaun, semakin banyak harta yan tersimpan di piramida. Kemungkinan piramida dirampok semakin besar pula. Mmm, pantas deh ruangan piramida penuh jebakan mematikan. Di kompleks piramida juga ditempatkan patung penjaga, Sphinx. Patung berkepala Firaun, tapi berbadan singa ini, siap menakuti pencuri. Aummm
Pintu piramida selalu menghadap ke utara atau ke arah bintang Polaris. Yaps, orang Mesir Kuno percaya bintang Utara tidak pernah tenggelam seperti bintang lain, sih
Membangun piramida butuh waktu sangat lama. Mungkin Firaun sudah meninggal, padahal piramidanya belum selesai. Makanya, begitu menjadi raja, perintah membangun piramida langsung dikeluarkan. Piramida terbesar di Giza, yaitu piramida Khufu, dibangun selama 23 tahun oleh Firaun Khufu. Wowtentu saja, jumlah pekerja yang dibutuhkan sangat banyak. Tapi, rakyat Mesir bekerja dengan senang hati, lo. Mereka ingin roh raja mereka tinggal di langit. Pembangunan piramida biasanya dikerjakan ketika petani menganggur karena ladang terendam banjir sungai Nil
2. Mencari ide pokok tiap paragraf
Masih ingatkah kamu apa ide pokok itu? Ide pokok paragraf adalah pikiran utama atau inti paragraf yang menjiwai seluruh isi paragraf. Ide pokok paragraf diberi penjelas dengan ide-ide penjelas.

About Unknown
This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About me

Robiatun Nadliroh
Si cuek yang menyukai romantis | Si langit biru yang mencintai langit malam | Si tukang nangis yang suka marah-marah | Si nekat yang takut sendirian | Si kantong tipis yang hobi traveling | Jejaknya bisa dilacak melalui akun twitter Kicauannya kadang terselip di akun facebook Nana kandcllw ana.
Popular Posts
-
BAB VlI A. Mengenal Kerajinan Anyaman 1. Kerajinan Anyaman disekitar kita Menganyam berarti engatur bilah atau lembaran-lembaran secar...
-
MATERI SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SD/MI KELAS VI BAB 1 Mengenal Motif Batik 1. Jenis Motif Batik Berdasarkan akar budayanya, motif...
Comments
Labels
- B INDONESIA (9)
- B INGGRIS (9)
- Headline (21)
- IPA (9)
- MATEMATIKA (6)
- PENJASKES (14)
- PPKN (2)
- PPT IPA (1)
- PPT MATEMATIKA (1)
- SECCOR (1)
- SENI KEBUDAYAAN (6)
- SENI KEBUDAYAAN VIDEO (1)
- SOCCER (5)
- TEASER (1)
- VIDEO (55)
Tidak ada komentar: