Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Bab 8 ( Pendidikan )
Posted by: Unknown Posted date: Desember 01, 2018 / comment : 0
BAB VIII : PENDIDIKAN
A. Mendengarkan Berita dan Menyimpulkan Isinya.
Pada awal pelajaran ini, kamu akan belajar mendengarkan berita. Setelah proses pembelajaran, diharapkan kamu dapat mencatat pokok-pokok berita yang didengar. Setelah itu, kamu juga diharapkan dapat menyimpulkan isi berita yang didengar.
Pada kegiatan sebelumnya, kamu sudah sering melakukan kegiatan mendengarkan berita. Masih ingatkah kamu bagaimana cara mendengarkan yang tepat agar kamu dapat menangkap isi berita? Tentu saja kamu akan melakukan hal-hal berikut ini:
1. mendengarkan dengan penuh konsentrasi;
2. mencatat pokok-pokok berita dengan menjawab pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana;
3. merangkai jawaban tersebut menjadi paragraf yang padu dengan ditambah kata-kata penghubung yang tepat.
1. Mencatat pokok berita yang didengar
Dengarkan berita yang di radio atau lihatlah di televisi. Buatlah catatan dengan format berikut.
Sumber berita : TV/radio Jam tayang : . . . .
Nama penyiar : . . . .
Nama acara : . . . .
Judul berita : . . . .
Pokok-pokok berita:
a. . . . .
b. . . . .
c. . . . .
Perhatikan contoh berikut ini
Sumber Berita : TV/Metro TV
Jam Tayang : 05.45 . Jumat, 25 Juli 2008
Nama Acara : Metro Pagi
Judul Berita : Krisis Listrik
Nama Penyiar : Indra Maulana dan Dani
Pokok-pokok berita
- pemerintah melakukan penghematan energi pada sektor industri sekitar 10 hingga 20%
- pemerintah akan menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara menteri energi dan menteri perdagangan untuk melakukan penghematan. Sebagai langkah awal penghematan listrik, misalnya dengan pengalihan jam kerja dan jadwal pemadaman
2. Menyimpulkan isi berita
Kamu masih ingat bagaimana membuat simpulan, bukan? Membuat simpulan berbeda dengan membuat ringkasan. Simpulan mengutamakan pendapat atau tanggapan serta penilaian berdasarkan isi yang ada. Susunan simpulan tidak harus urut seperti sumber aslinya. Yang ditonjolkan adalah hal-hal yang mendukung pendapat atau tanggapan serta penilaian yang disampaikan. Sementara, ringkasan adalah bentuk ringkas dari isi berita dan tidak terdapat pendapat atau penilaian tentang isi bacaan.
Contoh:
Kesimpulan dari isi berita tersebut adalah pemerintah telah serius melakukan penghematan untuk menghadapi krisis listrik yang terjadi di negara akhir-akhir ini.
B. Membacakan Puisi Karya Sendiri.
Pada bagian ini, kamu akan belajar membacakan puisi. Setelah proses pembelajaran, diharapkan kamu dapat memahami cara membaca puisi. Kamu juga diharapkan dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi puisi. Selanjutnya, kamu dapat membacakan puisi dengan ekspresi yang tepat.
1. Membaca puisi dan memahami isinya
Bagaimana cara membaca puisi yang baik? Tidak mudah menjawab pertanyaan tersebut. Mengapa? Karena membaca puisi banyak aspek yang sifatnya pribadi. Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam membaca puisi. Apabila kamu menirukan cara orang lain membaca puisi, maka kamu telah menampilkan orang lain yang kepribadiannya berbeda dengan dirimu sendiri. Oleh karena itu, jika kamu ingin membaca puisi, kamu harus mampu menjadi dirimu sendiri dan mengenal kepribadianmu sendiri. Berusahalah tampil sepenuhnya sesuai dengan kepribadianmu.
Pembacaan puisi adalah upaya menyampaikan isi, perasaan, dan pikiran yang terkandung dalam puisi kepada orang lain. Oleh karena itu, kamu harus berusaha agar orang yang mendengarnya dapat memahami dan menikmati puisi tersebut.
Untuk dapat membaca puisi dengan baik, seorang pembaca puisi harus memahami isi puisi yang akan dibacanya. Di samping itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pembaca puisi, yaitu:
1. lafal atau pengucapan; 2. gerak dan mimik;
3. komunikatif.
Supaya lebih jelas, cobalah kamu baca dan pahami uraian berikut.
a. Lafal atau pengucapan
Teknik pelafalan atau pengucapan adalah hal yang amat menentukan berhasil tidaknya pembacaan puisi. Ucapkanlah vokal dan konsonan secara jelas dan tepat. Suara konsonan memberikan penjelasan pada ucapan, sedangkan suara vokal memberikan keindahan. Keduanya tak dapat dipisahkan. Di samping itu berusahalah agar suaramu terdengar merdu. Kemerduan suara menyangkut masalah intonasi, yaitu tekanan dinamik (keras atau lembut), tekanan tempo (cepat atau lambat), dan tekanan nada (tinggi atau rendah).
b. Gerak dan mimik
Yaitu melakukan gerakan yang sesuai dengan isi puisi. Untuk menghasilkan gerak yang tepat, seorang pembaca harus dapat menghilangkan perasaan malu dan kaku. Pembaca harus mendalami makna puisi. Apakah puisi yang dipilih itu puisi yang sendu, sedih, marah, bersemangat, cengeng, dan lain-lain.
c. Komunikatif
Yaitu usaha pembaca untuk mengadakan kontak dengan pendengar (penonton). Kontak ini dilakukan dengan cara sekali-kali melihat kepada penonton. Walaupun kamu membaca puisi, namun kamu jangan sibuk dengan membaca saja.
Supaya lebih jelas cobalah kamu baca puisi berikut ini.
Sebelum kamu membacanya, gurumu akan memberi contoh cara membaca puisi atau memutar VCD pembacaan puisi oleh temanmu yang pernah mengikuti lomba.
2. Memahami isi puisi
Jawablah pertanyaan di bawah ini agar kamu dapat memahami isi puisi tersebut.
a. Mengapa penulis berterima kasih kepada guru?
b. Bagaimana sikap guru dalam membimbing muridnya?
c. Pada bait ketiga penulis berdoa untuk sang guru. Apa isi doa tersebut?
d. Mengapa guru dikatakan memiliki tugas mulia?
e. Apa maksud larik Tidak mengenal miskin dan kaya pada bait kedua puisi tersebut?
C. Menemukan Makna Tersirat dalam Teks.
Pada pelajaran ini, kamu akan kembali membaca intensif teks. Setelah proses pembelajaran, diharapkan kamu dapat membaca teks secara intensif. Kamu juga diharapkan dapat menemukan kata yang bermakna tersirat dalam teks. Selanjutnya, kamu harus dapat menjelaskan makna tersirat yang terdapat dalam kalimat secara tepat.
Sekarang, coba bacalah dalam hati teks berikut.
Nasib Pak Tani
Setiap hari petani bekerja membanting tulang demi mendapatkan hasil panen yang melimpah. Tetapi, kadang-kadang usaha itu menjadi makanan empuk bagi para tengkulak. Mengapa? Sewaktu masa tanam, petani dipinjami uang untuk modal membeli bibit dan pupuk. Di masa panen
para petani harus menjual hasil panennya kepada mereka dengan harga rendah. Demi mengejar rupiah, para tengkulak sering berbuat semena- mena kepada petani. Oleh sebab itu, petani harus mengubah sikap agar tidak bergantung kepada tengkulak.
Titiek Maryuni
Pada teks tersebut terdapat kata-kata yang mengalami penggeseran makna asosiasi, yang terjadi akibat persamaan sifat. Contoh, kata membanting tulang bersamaan sifat dengan orang yang bekerja keras. Dapat dikatakan bahwa kata membanting tulang memiliki makna tersirat bekerja keras.
2. Menemukan kata yang bermakna asosiasi
Berdasarkan penjelasan di atas, carilah kata yang mengalami penggeseran makna asosiasi dan tentukan makna tersiratnya dengan menggunakan tabel berikut.
D. Menyusun Naskah Pidato.
Pada pertemuan ini, kamu akan belajar menulis naskah pidato. Setelah proses pembelajaran diharapkan kamu dapat mengamati isi dan struktur naskah pidato. Kamu juga diharapkan dapat membuat kerangka pidato. Setelah itu, kamu harus dapat mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah pidato yang utuh.
Pernahkah kamu berpidato di depan banyak orang. Kamu tentu sudah tahu cara-cara berpidato. Salah satunya adalah berpidato dengan membaca naskah. Nah, bagaimana jika kamu menyusun naskah pidato sendiri? Apa saja langkah- langkah yang harus dikerjakan? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.
1. Mengamati naskah pidato
Sebelum kamu menyusun naskah pidato sendiri amatilah naskah pidato berikut ini. Cermatilah bagian naskah pidato yang menunjukkan bagian pembukaan pidato, isi pidato, dan penutup pidato.
Perhatikan pidato kepala sekolah saat upacara hari Senin di sekolah.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Anak-anakku semua siswa kelas I sampai kelas VI yang saya cintai. Bapak, Ibu, dan karyawan yang saya hormati. Marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita semua telah diberi kesehatan dan keselamatan sehingga pada pagi hari ini dapat melaksanakan kegiatan rutin, yaitu mengadakan upacara bendera tiap hari Senin. Kita dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari ini semata-mata hanya karena karunia dan rida dari Allah SWT.
Pada kesempatan ini saya mengingatkan dan mengajak kepada anak- anakku dan semua bapak/ibu guru dan karyawan untuk bersama-sama menegakkan kedisiplinan di sekolah ini. Ya, disiplin adalah misi kita untuk mencapai tujuan. Apakah disiplin itu? Ya, disiplin adalah ketaatan kepada peraturan (tata tertib).
Anak-anakku yang bahagia. Jika kalian ingin sukses, kalian harus disiplin dalam melaksanakan aturan. Setiap pelajar harus memiliki disiplin belajar. Guru yang ingin sukses juga harus disiplin mengajar. Dengan kata lain, siapa pun yang ingin sukses maka harus disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Nah, sebagai remaja haruslah bersemangat baja untuk menempa diri menjadi manusia yang berguna. Apalagi pelajar menjadi tulang punggung negara haruslah sehat, cerdas, dan kuat. Sebagai generasi muda haruslah bersemangat seperti raja siang yang menerangi alam raya.
Dari uraian tersebut dapat kita simpulkan bahwa disiplin adalah kunci sukses seseorang. Kedisiplinan dapat mengantarkan kita menuju keberhasilan dan kesuksesan di masa depan.
Demikian sekelumit sambutan saya, terima kasih atas perhatiannya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. Sekian mohon maaf jika ada kesalahan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sri Santosa
2. Menentukan kerangka pidato
Apabila dicermati, pidato tersebut memiliki penuturan sebagai berikut:
a. pendahuluan;
b.permasalahan;
c. pembahasan masalah;
d. kesimpulan/penutup.

About Unknown
This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About me

Robiatun Nadliroh
Si cuek yang menyukai romantis | Si langit biru yang mencintai langit malam | Si tukang nangis yang suka marah-marah | Si nekat yang takut sendirian | Si kantong tipis yang hobi traveling | Jejaknya bisa dilacak melalui akun twitter Kicauannya kadang terselip di akun facebook Nana kandcllw ana.
Popular Posts
-
BAB VlI A. Mengenal Kerajinan Anyaman 1. Kerajinan Anyaman disekitar kita Menganyam berarti engatur bilah atau lembaran-lembaran secar...
-
MATERI SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SD/MI KELAS VI BAB 1 Mengenal Motif Batik 1. Jenis Motif Batik Berdasarkan akar budayanya, motif...
Comments
Labels
- B INDONESIA (9)
- B INGGRIS (9)
- Headline (21)
- IPA (9)
- MATEMATIKA (6)
- PENJASKES (14)
- PPKN (2)
- PPT IPA (1)
- PPT MATEMATIKA (1)
- SECCOR (1)
- SENI KEBUDAYAAN (6)
- SENI KEBUDAYAAN VIDEO (1)
- SOCCER (5)
- TEASER (1)
- VIDEO (55)
Tidak ada komentar: