Headlines

PENJASKES

SENI KEBUDAYAAN

PPKN

» » » » » Materi SBK Kelas 6 SD/MI Bab 3 (Mengapresiasi Musik Daerah)

MATERI SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VI BAB III
BAB III


Mengapresiasi Musik Daerah
1. Mengenal Musik Daerah
Music daerah disebut music tradisional merupakan music yang lahir dan berkembang dari budaya daerah setetmpat. Budaya yang dinamis sehingga ada beberapa music tradisional yang berbaur dengan budaya mencanegara. Berikut contoh music daerah Indonesia.
a. Tanjidor
Tanjidor merupakan orkes rakyat Betawi yang menggunakan alat music barat, seperti tambur besar dan terompet. Pada umumnya alat music yang diguanakan tanjidor yaitu alat music tiup logam, seperti tormbon, piston, dan terompet. Orkes tanjidor biasanya dimainkan pada saat mengarak atau mengiringi pengantin, memeriahka  acara hajatan khitanan, dan berfungsi sebagai hiburan.
b. Gambang Kromong
Gambang Kromong merupakan music rakyat Betawi yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Cina. Istilah gambang kromong diambil dari alat  music yang digunakan dalam music ini, yaitu gambang dan kromong. Bilahan gambang biasanya dibuat dari kayu yang berjumlah 18. Adapun kromong yang dibuat dari perunggu atau besi yang berjumlah 10 buah. Pengaruh kebudayaan China dapat dilihat dari alat music yang digunakan, yaitu teh yan, kong an yan, dan shu kong. Teh yan merupakan rebab kecil, kong an yan merupakan rebab berukuran sedang dan shu kong merupakan rebab berukuran besar.
c  Kolintang
Kolintang merupakan music tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara. Alat music ini berbentuk bilahan kayu seperti gambang dan terdiri atas melodi, ritme, dan bas. Music ini berfungsi sebagai hiburan.
d. Sampek
Sampek merupakan alat music yang berasal dari daerah Kalimantan. Alat music ini merupakan jenis alat music petik berdawai tiga. Sampek dibuat dari bahan kayu dengam hiasan ukiran yang indah. Alat music ini digunakan untuk mengiringi tarian- tarian daerah setempat.

2. Unsur-Unsur Musik
a. Irama
Kamu telah mempelajari irama dikelas-kelas sebelumnya. Namun, perlu kamu ingat bahwa irama merupakan panjang-pendeknya bunyi music yang berjalan menurut birama tertentu. Irama terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam dengan berbagai macam panjang pendek, membentuk pola irama dan bergerak menurut ketukan (pulsa) dalam birama.
b. Melodi
Melodi terbentuk dari sekelompok nada-nada yang berjalan menurut irama tertentu. Susunan nada dalam melodi mempunyai pola yang mengacu pada pola birama.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply