Headlines

PENJASKES

SENI KEBUDAYAAN

PPKN

» » » » » Materi SBK Kelas 6 SD/MI Bab 4 (Bermain Musik dan Melodi)

MATERI SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VI BAB IV
BAB IV


Bermain Musik dan Melodi
A. Bermain Alat Musik Ritmis dan Melodi
1. Recorder
Recorder menghasilkan banyak nada. Recorder dimainkan dengan cara ditiup.
2. Pianika
Dikelas IV semester 2 kamu sudah mengetahui cara-cara bermain alat music pianika. Sama seperti recorder, pianika juga dapat digunakan untuk memainkan tangga nada. Tetapi perlu kamu ingat bahwa pianika dimainkan mengguanakan penjarian. Kamu harus mengetahui tugas dari setiap jaru tangan kanan.

B. Menyanyi dengan Iringan Sederhana
Berdasarkan sumbernya, bunyi dibagi menjadi dua, yaitu bunyi yang dihasilkan alat music dan bunyi yang dihasilkan oleh suara manusia. Berikut merupakan teknik dalam menyanyi.
1. Teknik Vokal
a. Frasering
Frasering adalah tekik pemenggalan kalimat lagu dan pengucapan kata yang jelas. Frasering berhubungan erat dengan teknik pernapasan. Pemenggalan kata yang tidak tepat akan memiliki arti atau makna yang berbeda.
b. Ekspresi
Ekspresi disebut juga penjiwaan lagu. Hal ini lebih ditekankan pada kemampuan penyanyi menyesuaikan isi dan jiwa lagu sesuai dengan kehendak pencipta. Berikut beberapa hal yang harus diketahui oleh seseorang penyanyi.
c. Menguasai materi lagu
d. Mengerti isi lagu
e. Menerapkan frasering dengan baik
f. Memahami tanda-tanda yang terdapat dalam lagu, contohnya tanda tempo, tanda dinamik, dan tanda ekspresi.
Berikut contoh beberapa tanda ekspresi lagu.
1.) Gaya Marcato
Dalam mengucapkan kata-kata atau syair lahu diberi tekanan, sehingga terasa semangat yang berkobar dalam mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan.
2.) Gaya Legato
Gaya lagu ini diterapkan untuk lagu atau music lembut dan mampu melukiskan suasana tenang. Hubungan kata-kata yang satu dengan yang lain saling bersambungan.
B. Teknik mengiringi Lagu
Lagu dapat diringi mengguanak alat music ritmis dan melodis. Alat music ritmis berfungsi membawa irama lagu, sedangkan alat music melodis berfungsi membawa melodi. Selain alat music ritmis dan melodis, kamu juga dpat menggunakan alat music harmosnis, contohnya gitar, keyboard, atau piano. Iringan sebuah lahu biasanya terdiri atas bagian-bagian berikut:
Intro adalah melodi pembuka sebelum lagu dimulai
Lagu
Interlude adalah music ditengah lagu
Coda adalag penutup lagu

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply